LOUNCHING GERAKAN SINERGISITAS PENGUSAHA DAN PEKERJA PEDULI PENGANGGURAN DAN KEMISKINAN (SP4K) DI KOTA BENGKULU

LOUNCHING GERAKAN SINERGISITAS PENGUSAHA DAN PEKERJA PEDULI PENGANGGURAN DAN KEMISKINAN (SP4K) DI KOTA BENGKULU

By | 2019-02-18T09:38:15+00:00 Februari 15th, 2019|Berita|

Latar Belakang :

Persoalan pengangguran di Kota Bengkulu merupakan salah satu persoalan pembangunan yang perlu mendapat perhatian serius bagi semua elemen masyarakat dan pemerintah. Dimana Tingkat Pengangguran Terbuka mencapai angka 6,61 % di Tahun 2017 atau di atas  angka pengangguran provinsi Bengkulu sebesar 3,74 % dan bahkan di atas nasional yang hanya sebesar 5,33 %. Angka pengangguran yang relative tinggi ini tentu akan berdampak terhadap meningkatnya angka kemiskinan.

 

Di sisi lain anggaran pembangunan yang tersedia untuk Kota Bengkulu relatif sangat kecil jika ingin memacu percepatan pembangunan untuk mengejar ketertinggalan dari daerah-daerah maju lainnya.Oleh karena itu untuk mengatasi persoalan pengangguran dan kemiskinan maka pembangunan ketenagakerjaan perlu melibatkan peran dan partisifasi aktif dari masyarakat terutama pihak pengusaha dan pekerja. Di samping itu dibutuhkan upaya secara bersama-sama dan bersinergi mulai dari perencanaan, pendanaan dan pelaksanaannya. Untuk itu harus ada gerakan yang terpadu, terkoordinasi serta terencana dari pemerintah, swasta dan masyarakat dengan melibatkan semua potensi yang ada pada pekerja dan pengusaha di Kota Bengkulu.

 

Berdasarkan data dan fakta serta pemikiran di atas maka Dinas Tenaga Kerja Kota Bengkulu menginisiasi untuk menggali, menggerakan, dan mengkoordinir potensi ekonomi yang ada pada para pekerja dan pengusaha di Kota Bengkulu dengan menghadirkan suatu gerakan yang dinamakan “ Gerakan Sinergisitas Pengusaha dan Pekerja Peduli Pengangguran dan Kemiskinan (SP4K).

 

Filosofi :

Gerakan SP4K ini didasari suatu filosofi sapu lidi. Dimana jika masing-masing orang memegang satu sapu lidi untuk membersihkan suatu ruangan, mungkin tidak akan mampu membersihkan ruangan tersebut sampai kapanpun. Tetapi jika lidi-lidi sapu tersebut disatukan dan dipegang satu orang saja untuk membersihkan ruangan tersebut maka dimungkinkan tidak dalam hitungan jam maka ruangan tersebut akan bersih.

 

Semboyan :

Bersama… kita bisa membuat yang kecil menjadi besar, sedikit menjadi banyak, dan membuat yang biasa menjadi luar biasa.

Visi :

“Kota Bengkulu bebas pengangguran dan kemiskinan”

Misi :

  1. Menggalang dana Gerakan SP4K ( Donasi Tabung dan Rekening Peduli)
  2. Meningkatkan produktivitas pekerja dan perluasan kesempatan kerja
  3. Ikut berpartisifasi dalam penanggulangan pengangguran dan kemiskinan

Tujuan :

  1. Jangka Pendek : Terwujudnya kegiatan nyata dalam rangka meningkatkan kompetensi dan permodalan bagi pekerja dan pengangguran di Kota Bengkulu.
  2. Jangka Menengah : Terwujudnya tenaga kerja mandiri, peningkatan produktivitas pekerja dan perluasan kesempatan kerja di Kota Bengkulu
  3. Jangka Panjang : Terwujudnya kesejahteraan bagi tenaga kerja di Kota Bengkulu

Program I : Penciptaan Tenaga Kerja Mandiri

Kegiatan :  1. Melaksanakan pelatihan dan keterampilan bagi tenaga kerja

  1. Memberikan bantuan peralatan dan modal kerja bagi tenaga kerja

Program II : Penanggulangan Pengangguran dan Kemiskinan

Kegiatan :  1. Memberikan bantuan sosial bagi pekerja yang miskin

  1. Memberikan bantuan sosial bagi pekerja korban PHK dan bencana alam ( Sembako, modal kerja, santunan, bedah rumah , dan lain=lain)

Program III : Peningkatan Produktivitas Kerja

Kegiatan : 1. Meningkatkan kompetensi kerja bagi parav pekerja melalui pelatihan teknis, forum diskusi, seminar, dan lain-lain.

  1. Memberikan penghargaan bagi para pekerja produktif

 

 

Teknis Penggalangan Dana Gerakan SP4K :

Donasi Tabung :

Celengan akan disebar ke setiap perusahaan, celengan tersebut dalam penguasaan dan pengawasan para HRD atau Admin setiap perusahaan. Selanjutnya ditempatkan ditempat yang mudah dilihat dan dijangkau oleh para pekerja dan pengusaha, kemudian setiap bulan moment pekerja gajian maka setiap pekerja dan pengusaha diharapkan mengisi celengan tersebut dengan nilai secara “suka rela” namun demikian sangat diharapkan para Pekerja mengisi minimal Rp.10.000/orang dan Pengusaha minimal Rp. 100.000/orang. Selanjutnya dana yang terkumpul pada Tabung Donasi atau Celengan tersebut akan dijemput dan diambil pihak PKPU sebagai pihak yang berwenang dan bertanggungjawab terhadap pengelolaan dana tersebut.

Rekening Peduli :

Bagi perusahaan yang belum memiliki atau menyediakan Tabung Donasi berupa Celengan, maka dana pekerja dan pengusaha dapat dihimpun dan dikoordinir oleh HRD atau Admin yang selanjutnya dikirim ke Rekening Peduli PKPU dengan Nomor Rekening : 001.01.06.04301.7 Bank Bengkulu.

Atau bagi perusahaan yang telah menyediakan Tabung Donasi berupa Celengan, maka fasilitas Rekening Peduli juga bisa dimanfaatkan untuk efisiensi pengumpulan dana, sehingga dana yang terkumpul pada Tabung Donasi atau Celengan selanjutnya dikirim oleh HRD atau Admin ke Rekening Peduli PKPU.

Pelaksanaan Lounching :

Gerakan Sinergisitas Pengusaha dan Pekerja Peduli Pengangguran dan Kemiskinan (SP4K) Kota Bengkulu di Lounching oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja H. Munarwan Syafui, SE, M.Pd pada Hari Jumat tanggal 15 Februari 2019 di Hotel Shantika Bengkulu, adapun dihadiri oleh seluruh Karyawan Dinas Tenaga Kerja Kota Bengkulu, pihak PKPU HI dan perwakilan Perusahaan-Perusahaan  di Kota Bengkulu.