PEREKRUTAN DAN KEUNGGULAN MAGANG KE JEPANG

PEREKRUTAN DAN KEUNGGULAN MAGANG KE JEPANG

By | 2019-03-19T09:39:52+00:00 Maret 19th, 2019|Bidang Pentakerja|

Di Kota Bengkulu mungkin kita semua tahu bahwa angka pengangguran sangat besar sekali boleh dibilang Negara dengan angka pengangguran terbanyak dibandingkan dengan Negara-Negara besar lainnya, oleh karena itu untuk mengatasi dan mengurangi hal tersebut Dinas Tenaga Kerja Kota Bengkulu bekerja sama dengan Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Bengkulu membuka perekrutan peserta pemagagangan ke jepang. Dimana perekrutan peserta pemagangan ini sudah dimulai dari awal Januari sampai dengan April tahun 2019, adapun persayaratan yang harus dilengkapi oleh peserta pemagangan ke jepang antara lain sebagai berikut :

Peserta laki-laki :

  1. WNI, berdomisili di Provinsi Bengkulu minimal 2 tahun, dibuktikan dengan KTP dan KK serta Ijazah
  2. Jenis kelamin laki-laki
  3. Tinggi Badan minimal 160 cm dan Berat Badan 50 kg
  4. Pendidikan formal :
  • Berijazah SMU/STM, Diploma atau Sarjana Teknik Jurusan : Bangunan, Mekanik, Teknik Industri, Mekanisme Pertanian, Juru Gambar dan Teknik Kimia.
  • Berijazah, SMU/STM, Diploma atau Sarjana Sosial yang telah mengikuti Pelatihan Kerja Minimal 160 jam, dibuktikan dengan Sertifikat Latihan Kerja yang dikeluarkan oleh Balai Latihan Kerja /Lembaga Latihan Kerja Pemerintah atau Swasta dengan Bidang Keterampilan Kejuruan Bangunan, Mekanik, Teknik Industri, Mekanisme Pertanian, Juru Gambar dan Teknik Kimia.
  1. Usia pada saat seleksi, minimal 19 tahun 6 bulan, maksimal 26 tahun baik lulusan SMU maupun Diploma/Sarjana dan 18 tahun untuk lulusan SMK Jurusan Teknik.
  2. Berbadan sehat dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Dokter Pemerintah atau Puskesmas.

Peserta Wanita :

  1. Wanita
  2. Usia minimal 18 tahun bagi lulusan SMK Keperawatan/Kesehatan, minimal 19 tahun 6 bulan bagi lulusan SMA Sederajat lainnya dan maksimal 28 tahun saat tes seleksi (calon peserta yang memiliki JLPT level N4 ke atas, usia maksimal 30 tahun)
  3. Tinggi badan minimal 150 cm, berat badan minimal 40 kg
  4. Tidak buta warna (total/parsial), dan berkaca mata/kontak lens
  5. Tidak bertato atau bekas tato
  6. Tidak ada disfungsi organ tubuh
  7. Diutamakan memiliki kemampuan Bahasa Jepang (dibuktikan dengan sertifikat) setara :
  • Japanese Language Proficiency Test (JLPT) level N4 atau N5, atau
  • Nilai lebih dari 350 pada J TEST E – F, atau
  • Nilai lebih dari 400 pada J TEST A – D, atau
  • NAT – TEST Level 4 atau 5
  1. Bagi calon peserta yang telah memiliki kemampuan bahasa jepang setara JLPT level N4 ke atas, maka tidak perlu mengikuti tes bahasa jepang dan pelatihan tahap I.

Program pemagangan ini banyak sekali memberikan manfaat dan keuntungan yang bisa diperoleh setelah melakukan proses pemagangan selama 3 tahun :

  1. Memiliki kemampuan keahlian bidang teknik
  2. Memperoleh sertifikat standar internasional japan internasional training cooperation organization (JITCO)
  3. Mahir menggunakan bahasa jepang
  4. Memiliki pengetahuan dan pengalaman budaya jepang

 

  1. Modal kerja bisa membawa uang lebih dari 400 juta rupiah
  2. Mendapat prioritas lebih bila ingin bekerja di perusahaan jepang di indonesia

Banyak sekali manfaat yang diperoleh dari budaya kerja dan gaya hidup selama tinggal di jepang. Kedisiplinan, kebiasaan tepat waktu, etos kerja keras, pola pikir pemecahan masalah, inovasi dan kreatifitas terhadap ide-ide baru yang cemerlang, kebiasaan dan budaya jepang yang tentunya merupakan ilmu dan pengalaman yang sangat berharga untuk menjadi peserta trainee yang berkualitas internasional. Menikmati salju dikala musim dingin, menikmati onigiri di bawah guguran bungan sakura dikala hanami, naik kereta super cepat shinkansen, naik gunung fuji dan lain-lain merupakan pengalaman yang begitu indah untuk dibagi dengan para sahabat dan keluarga. Untuk itu bagi para pemuda yang ada di Kota Bengkulu segera daftarkan diri anda secepatnya ke kantor Dinas Tenaga Kerja Kota Bengkulu sebelum pendaftaran ditutup alamat di jalan Basuki Rahmat Kelurahan Belakang Pondok Kota Bengkulu.